6 Tips Membeli Ponsel Murah Berkualitas Tanpa Rugi

tintasantri.com – Hadirnya marketplace online & official store menciptakan pembelian smartphone/ponsel kini ini serba mudah. Apalagi telah poly produk smartphone menurut aneka macam kelas yang dijual pada pasaran, mulai menurut ponsel murah hingga yang mahal, seluruh tersedia pada poly contoh & varian. Berbeda menggunakan membeli ponsel flagship yang kemungkinan mendapatkan “zonk”-nya kecil, mencari ponsel murah berkualitas butuh ketelitian & pengetahuan lebih. Apalagi jika telah memasuki ranah spesifikasi smartphone.

Tips Membeli ponsel Murah Berkualitas

Pada biasanya, salah satu kesalahan terbesar konsumen waktu beli ponsel murah merupakan terlalu percaya dalam iklan, padahal produk itu belum tentu sinkron menggunakan kebutuhan kita, Nah, supaya kita tidak mengalami hal yang merugikan tadi saat membeli ponsel baru, Anda perlu memahami mengenai spesifikasi ponsel murah yang akan dibeli tadi. Terlebih lagi jika pembelian ponsel dilakukan secara online, dimana Anda nir mampu bertanya & melihat eksklusif produknya. Agar nir rugi saat membali ponsel murah, berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih ponsel menurut Kelas Mid Range/Menengah

Maksud menurut ponsel kelas mid range merupakan ponsel kelas menengah yang harganya mungkin nir mampu dibilang murah, tetapi masih berada dalam kisaran harga yang terjangkau. Smartphone yang terdapat pada kelas mengah ini bisanya dibanderol dalam kisaran harga Rp 2 – tiga jutaan, & dalam biasanya memberikan spesifikasi yang relatif mumpuni. Kenapa mesti menurut kelas mid range? Lantaran misalny yang kami sebutkan sebelumnya, menurut segi spesifikasi, kualitas ponsel kelas mid range kentara jauh lebih baik dibanding membeli ponsel pada kelas entry level.

Di samping itu, pilihan produk buat ponsel kelas mid range lebih poly, sebagai akibatnya kita mempunyai kesempatan buat menentukan produk yang sinkron menggunakan lebih mudah. apabila budget yang dimiliki nir memungkinkan buat membeli ponsel pada kelas menengah, maka anda mampu menentukan ponsel dalam kisaran harga 1 jutaan, tetapi menggunakan mempertimbangkan beberapa hal, galat satunya brand smartphone tadi & track record produknya.

2. Lihat chipset yang digunakan

Tidak mengetahui spesifikasi ponsel murah seringkali membuat banyak orang membeli smartphone dengan spesifikasi yang mengecewakan namun dijual dengan harga yang terlalu mahal. Satu hal yang banyak orang tidak tahu adalah masalah chipset atau prosesor. Saat ini, pilihan prosesor untuk ponsel biasanya Snapdragon atau MediaTek, meskipun pada kenyataannya banyak jenis prosesor lain dalam chipset seperti Kirin atau Exynos. Mengambil contoh ponsel dengan prosesor Snapdragon, kami sarankan untuk membeli ponsel dengan prosesor Snapdragon.

Mereka Snapdragon 710 atau Snapdragon 712. Jika anggaran nda tidak memungkinkan, Anda dapat memilih perangkat seluler Snapdragon 660 atau Snapdragon 665. Jika pilihan anda jatuh pada prosesor MediaTek, kami sarankan ponsel yang menggunakan MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T atau MediaTek Helio G95

3. Pilih memori yang cukup

Dari segi memori, sebaiknya pemilihan ponsel murah berkualitas harus disesuaikan dengan chipset bawaan. Ponsel kelas menengah biasanya dilengkapi dengan RAM 3 GB atau 4 GB, tetapi jika anggaran anda tidak memungkinkan, Anda dapat memilih RAM 2 GB di, tetapi anda harus berhati-hati dengan spesifikasinya. Ponsel dengan RAM 3GB dijual dengan harga mulai dari 1 jutaan, tetapi jika anda memiliki anggaran lebih, kami sarankan anda membeli ponsel dengan RAM 4GB atau ponsel dengan RAM 6GB . Di umumnya, semakin banyak memori RAM yang digunakan di smartphone, semakin mahal harga ponsel. Namun kini banyak produsen smartphone yang menjual ponsel murah dengan spesifikasi tinggi.

4. Pilih layar lebar

Kalau bicara soal layar, sekarang anda bisa mengatakan bahwa ini adalah zamannya ponsel layar lebar, atau umumnya ponsel dengan
layar 6 inci atau lebih besar. Namun, tidak semua orang menyukai layar besar, karena menganggap ponsel layar kecil lebih fleksibel dan mudah dibawa-bawa. Saat ini masih banyak pengguna smartphone yang lebih menyukai ponsel layar 5 inci. Ponsel baru jarang ditemukan produk yang menawarkan layar seluas itu. Aspek lain terkait layar yang perlu dipertimbangkan adalah resolusi. Untuk membuat mata terasa lebih nyaman, resolusi layar minimal minimal 1080p atau layar Full HD, karena saat ini dianggap sebagai resolusi layar paling ideal.

5. Cek kualitas kamera

Kalau budget 2-3 jutaan, kualitas kamera smartphone yang ada di kelas ini cukup cocok untuk fotografi tradisional dan memiliki fungsi yang cukup lengkap. Anda tidak perlu repot membeli ponsel dengan kamera terbaik jika anggaran yang tersedia tidak memungkinkan. Perlu anda ketahui, ponsel murah pun kini dilengkapi kamera dengan hasil rekaman di atas rata-rata.
Bagi yang suka merekam video, sebaiknya pilih ponsel yang kameranya dilengkapi fungsi OIS dan mampu merekam video dalam kualitas 4K. Ada banyak ponsel murah dengan spesifikasi kamera seperti itu di pasaran.

6. Desain dan kualitas bahan

Bicara desain, memang soal selera, yang tentu saja bervariasi. Namun, jika melihat tren saat ini, ponsel modern cenderung menggunakan desain layar ponsel tanpa bingkai atau borderless, dan ada juga ponsel dengan poni atau poni. Jika anda ditanya mengapa desain itu penting? Jawabannya adalah: dengan desain yang modern, ponsel secara alami terlihat lebih modern. Namun dari segi fungsi, belum tentu memenuhi kebutuhan pengguna. Jika pilihan anda adalah ponsel kelas menengah, maka desain dan bahan ini penting dan juga patut mendapat perhatian.

Smartphone kelas menengah biasanya menggunakan beberapa jenis bahan plastik. Jadi pastikan juga bahan yang digunakan handphone cukup kuat. Handphone murah berkualitas, tahan lama digunakan Tips memilih ponsel murah berkualitas diatas hanyalah panduan saja, sehingga anda setidaknya memiliki ide atau pengetahuan tentang smartphone yang akan dibeli. Panduan ini tentu tidak mutlak karena preferensi setiap orang berbeda.

Namun demikian, kami berharap setidaknya panduan dan tips membeli ponsel murah berkualitas yang kami sajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat memilih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *