Kisah Ahmad Bin Mahdi Menutupi Aib Perempuan yang Hamil di Luar Nikah

TintaSantri.com Kisah Ahmad Bin Mahdi Menutupi Aib Perempuan yang Hamil di Luar Nikah –

Ahmad bin Mahdi bin Rustum Abu Ja’far Al-Ashbahani adalah seorang Imam, teladan, ahli ibadah, hafizh, dan mutqin. Sebagaimana dijelaskan oleh Abu Nu’aim al-Ashbahani dalam kitabnya Hilyatul Auliya’ wa Thabaqat al-Asfiya’, bahwasanya Ahmad bin Mahdi adalah orang yang kaya raya. Dia adalah orang yang menyedekahkan uang senilai 300.000 dirham untuk ilmu. Selain kaya raya dan dermawan, selama 40 tahun tidak ada satu pun orang yang mampu menyampaikan hadis dengan tsiqqah di negeri Ashbahan kecuali Ahmad bin Mahdi.

Sufi kaya raya yang dermawan dan terkenal kebaikannya ini pada suatu hari pernah didatangi seorang wanita Baghdad. Kepada Ahmad bin Mahdi, si perempuan tersebut bercerita perihal asal-usul dan keluarganya. Ia kemudian bercerita tentang keadaan dan ujian yang sedang menimpanya. Perempuan itu pun berkata, “Aku memohon kepadamu dengan nama Allah swt, tutupilah aibku.

Mendengar ucapan si perempuan, Ahmad bin Mahdi pun bertanya, “Ujian apa yang sedang menimpamu?
Si wanita kemudian berkata, “Aku benci diriku sendiri. Saat ini, aku sedang hamil. Dan aku ceritakan kepada orang-orang bahwa, kamu adalah suamiku. Aku tahu bahwa yang menghamiliku bukan kamu. Tetapi aku mohon kamu jangan marah atau menghinaku. Tutupilah aibku ini, semoga Allah juga menutupi aibmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *