4 Macam Buah yang Bisa Hidup di Pot dan Mudah Dirawat, Tinggal Petik Samping Rumah

4 Macam Buah yang Bisa Hidup di Pot dan Mudah Dirawat, Tinggal Petik Samping Rumah

Surabaya (TintaSantri.com) – Menanam tanaman atau pohon dalam pot dikenal dengan istilah bonsai. Anda dapat melakukan ini jika Anda tidak memiliki halaman yang luas atau ingin menghemat ruang di rumah Anda.

Tidak hanya pohon liar yang bisa dijadikan bonsai. Namun, beberapa tanaman buah ini juga bisa dibuat menjadi miniatur, bahkan lebih cepat berbuah. Berikut 4 tanaman yang bisa berbuah dalam pot.

  1. Biji Jambu Biji

Jika biasanya Anda melihat pohon jambu yang menjulang panjang di area pekarangan, kini ternyata salah satu buah ini juga bisa tumbuh di dalam pot.

Caranya cukup mudah, yaitu menanam bibit jambu biji hasil proses okulasi selama kurang lebih 4 bulan dalam pot sedang. Karena memiliki batang yang panjang dan tebal, pastikan pot Anda dapat menahan berat batang jambu biji.

  1. Stroberi

Dikenal dengan sebutan buah rambat, yang satu ini juga bisa tumbuh di dalam pot lho. Pohon strawberry adalah buah favorit semua orang. Pohon ini dapat dipanen dua kali setahun jika menggunakan sistem drainase yang baik.

Untuk cara menanam 10 sampai 12 pohon strawberry dalam satu pot, sediakan pot dengan lebar 45 cm dengan kedalaman minimal 10 cm dan pastikan pohon terkena sinar matahari langsung agar bisa berbuah dengan sempurna.

  1. Panggilan

Tidak hanya bisa tumbuh di kebun, apel juga bisa tumbuh di pot. Biasanya jenis yang ditanam menggunakan crabapple atau malus. Meski buahnya kecil, rasanya tidak kalah dengan apel pada umumnya.

Agar pertumbuhannya sempurna, sering-seringlah menyirami tanaman, terutama saat mulai berbuah, karena kebutuhan akan air yang dihasilkan akan meningkat. Jangan lupa untuk sering memangkas batangnya.

  1. lemon

Khasiatnya yang banyak dan wanginya yang harum, siapa sangka jeruk lemon segar ini bisa ditanam di dalam pot.

Tanaman yang menyukai iklim dingin juga dapat dengan mudah dirawat di dalam pot, yaitu dengan cara memotong batang jeruk nipis dengan benar agar dapat menghasilkan buah yang sempurna. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *