Istri Wali Kota Kediri: PKL Harus Akrab Platform Digital dan Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan

Kediri (TintaSantri.com) – Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar meresmikan acara Explorasa Street Food Festival 2022 dalam rangka HUT Kota Kediri ke-1143. Lewat acara ini, jajanan yang biasa ditemui di pinggir jalan kini berjejer rapi di Halaman Alun-Alun Kota Kediri selama 2 hari.

Mother Fey, panggilan akrabnya, juga menjadi juri Lomba Kreasi Makanan Jalanan. Ada sebanyak 26 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang mengikuti kegiatan ini. Jenis jajanan yang dijual di sini juga beragam mulai dari snack, minuman hingga makanan berat. Harganya terjangkau dan tetap mengutamakan kualitas dan kebersihan.

Menurut Ibu Fey, Explorasa ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Kediri terhadap PKL. Di sini ada pendidikan tentang banyak hal. Karena jajanan ini juga akan dilombakan dari segi kebersihan, kreativitas, kualitas rasa, dan kemasan. Selain itu, karena di sini didukung oleh platform digital seperti Grab, sehingga PKL bisa mengenal platform digital.

“Itu salah satu perkenalan kami dengan para PKL ini. Mau tidak mau saat ini kami harus menggunakan platform digital untuk meningkatkan omzet mereka. Itu beberapa hal yang menjadi tujuan Pemkot Kediri,” ujar Ketua Umum PKL tersebut. TP PKK Kota Kediri.

Ferry Silviana Abu Bakar juga menyampaikan pesannya kepada para pedagang dalam pemilihan kemasan yang perlu diperhatikan dan dipikirkan efek samping penggunaan kemasan bagi lingkungan. Masih banyak pedagang yang menggunakan kemasan styrofoam padahal untuk keamanan lingkungan sudah dilarang. Karena styrofoam tidak bisa terurai setiap saat.

Lebih lanjut, Ketua TP PKK Kota Kediri berpesan kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri agar para pedagang kaki lima ini diberikan edukasi dalam pemilihan kemasan. Selain itu juga diberikan pemahaman dari sisi kebersihan produk hingga keamanan pangan.

Mother Fey membuka Explorasa Street Food Festival 2022

Lomba Kreasi Makanan Jalanan dalam Explorasa Festival 2022 dinilai oleh tiga juri. Juri adalah Ketua TP PKK Kota Kediri, Chef Agus Syafrudin dan Agung Kartiko dari Insumo Palace Hotel. Hadiah yang diperoleh masing-masing pemenang antara lain, Juara 1 mendapatkan uang tunai 4,5 juta, Juara 2 mendapatkan uang tunai 3,5 juta, Juara 3 mendapatkan 3 juta, Harapan 1 mendapatkan uang tunai 2 juta dan Harapan 2 mendapatkan 1 juta.

Dalam kompetisi tersebut, ada 5 pemenang street food. Juara 1 Rujak Pak OK, Juara 2 Pondok Sago, Juara 3 Galei Njajan. Untuk Juara 1 Ngejamu Ang dan Juara 2 Ayam Bakar Sitinggil.

Rujak Pak OK dinilai layak mendapat juara 1 karena kreasi dan inovasi menu produk rujaknya. Yang biasanya rujak manis hanya dengan isian pada umumnya saja. Di Rujak Pak OK, durian merupakan salah satu isian rujak, unik dan tidak banyak ditemui di penjual rujak manis pada umumnya. Selain itu bumbu rujak gula merahnya sangat gurih dan juga menyajikan sambal kacang. Sehingga pembeli bisa memilih bumbunya.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Kota Kediri Bagus Alit, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanto Wijohari, Kepala DPM PTSP Edi Darmasto, Kepala Barenlitbang Chevy Ning Suyudi, Kepala Disbudparpora Zachrie Ahmad, Kepala Bidang Satpol PP Kota Kediri Eko Lukmono, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan. , perwakilan Bogasari, perwakilan Bank Jatim Cabang Kediri, perwakilan Grab Food dan PKL. [nm/suf]


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *