Waspada, Deretan Minuman dan Makanan di Sekitar Ini Dapat Merusak Organ Ginjal

Waspada, Deretan Minuman dan Makanan di Sekitar Ini Dapat Merusak Organ Ginjal

Surabaya (beritajatim.com) – Menjalani pola hidup sehat sangat penting bagi setiap orang, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur juga dapat menunjang gaya hidup sehat.

Namun, sebagian orang masih meremehkan hidup sehat. Ini bisa berbahaya atau merugikan kesehatan.

Salah satunya seperti ginjal. Ginjal merupakan organ yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ginjal juga memiliki peran penting dalam menghilangkan racun dalam darah.

Jadi jika Anda tidak ingin hidup sehat dan memilih makan makanan atau minuman yang sedang populer. Kerusakan ginjal bisa semakin besar setiap saat.

Berikut adalah jenis-jenis minuman yang dapat membahayakan ginjal Anda dalam jangka panjang.

1. soda
Jika Anda ingin melindungi kesehatan ginjal Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengurangi soda manis.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology pada tahun 2016, menemukan bahwa di antara 2.382 peserta dalam studi Lipid dan Glukosa Teheran, mereka yang minum lebih dari empat minuman ringan manis seminggu memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit ginjal daripada mereka yang minum setengah gelas. porsi soda atau kurang. setiap minggu.

2. Hitungan
Padahal telur sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena kandungan gizinya yang tinggi. Namun, beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa telur dapat memicu munculnya batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Jus dengan Pemanis
Minuman jenis ini memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi, jus manis bukanlah teman yang baik untuk lingkar pinggang Anda. bahkan bisa berbahaya bagi ginjal.

Menurut studi Tehran Lipid and Glucose, orang yang minum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang jarang minum jus manis.

4. Alkohol
Tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung, minum alkohol juga sangat berbahaya bagi ginjal.

Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantion menemukan bahwa di antara 6.259 orang dewasa yang mengaku peminum berat dan memiliki kadar albuminuria yang tinggi, indikator kandungan protein dalam urin yang merupakan tanda penyakit ginjal.

5. Teh Hitam
Batu ginjal terdiri dari 80 persen kandungan kalsium oksalat, sehingga jika terlalu banyak mengkonsumsi teh hitam akan menyebabkan terbentuknya batu pada ginjal. (frs/ian)


artikel berita ini telah tayang di beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *