Pertama Kali, Karta Madiun, Magetan dan Ngawi Bagikan Kurban Pakai Alas Genteng Winong

Madiun (TintaSantri.com) – Kolaborasi masyarakat di Madiun, Ngawi, hingga Magetan yang tergabung dalam kelompok pemuda Komunitas Heppiii (karta) bersama anak-anak sepeda motor Bold Riders, telah selesai membagikan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan.

Di kawasan ini terdapat 10 ekor kambing yang didistribusikan oleh komunitas dan asosiasi yang tergabung dalam Kawasan Kerjasama Masyarakat (KITA) Indonesia Timur.

Kegiatan yang mengambil tema KITA Sharing 2022 ini dilaksanakan serentak di 87 kabupaten dan kota di Indonesia Timur dengan total sapi dan kambing sebanyak 637 ekor secara nasional. Total ada ratusan komunitas yang terlibat dalam Kita Sharing 2022 ini.

“Untuk Madiun ada enam Komunitas Heppiii Karta dan empat komunitas Bold Riders. Mereka sudah membagikan daging kurban dengan keunikannya masing-masing, yang luar biasa semua masyarakat membagikannya menggunakan wadah yang ramah lingkungan yaitu menggunakan daun jati, pisang, besek, bahkan ada yang menggunakan genteng,” jelas Koordinator Kita Berbagi 2022 di Madiun , Tri Prasetyanto. , Kamis (21/7/2022).

Khusus untuk genteng, hal ini dilakukan oleh Karta Pemuda Asem (Kapas Winong), Desa Tanjungsepreh, Kecamatan Maospati, Magetan.

Komunitas Heppiii bersama anak-anak sepeda motor Bold Riders selesai membagikan daging kurban

Desa ini sangat terkenal dengan sentra UMKM yang memproduksi genteng kualitas terbaik, yang selama ini memiliki pasar di Jawa Timur dan Jawa Tengah, bahkan di luar pulau.

“Jadi Karta di sana (sekitar Madiun) saat pembagian hewan kurban kemarin berkeliling seperti gerobak yang biasa digunakan untuk mengangkut genteng, daging kurban menggunakan wadah daun jati lalu ada genteng sebagai alas bukan alasnya. nampan,” tambahnya.

Selain Karta, komunitas Bold Riders dan esports juga membagikan daging kurban. Bocah ojek ini mengunjungi desa Komunitas Karta Heppiii sekaligus berkeliling desa.

“Bold Riders dan anak-anak sepeda motor esports membagikan daging kurban menggunakan wadah ramah lingkungan yaitu daun pisang ke desa-desa,” jelas Koordinator Bold Riders Madiun Paulus Susanto.

Komunitas yang tergabung dalam KITA Share 2022 adalah Karta Pemuda Asem (Kapas Winong), Karta Gapura Sukowidi, Desa Sukowidi, Kecamatan Kartoharjo, Magetan, Karta Ridho Pangeran, Desa Plummpung, Kecamatan Plaosan, Magetan, Karang Taruna Desa Karta Mangunharjo, Kabupaten Ngawi , Karta Tunas Muda Jiwan, Kecamatan Jiwan, Madiun, Heppiii Trading Card, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Madiun. Kemudian motor boy Ninja Club Madiun, Roman Cracker, R15 Club Madiun, dan esports Omah Ijo.

Program Kita Sharing 2022 memasuki tahun ketiga. Pada tahun 2020 dan 2021, Program Berbagi KITA mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya.

Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori paket kurban terbanyak yang disalurkan oleh masyarakat dengan total 13.398 paket kurban.
Tahun ini, kolaborasi berbagai komunitas tersebut juga akan memecahkan rekor baru dengan mendistribusikan hewan kurban menggunakan wadah paling ramah lingkungan (non-plastik sekali pakai) di Indonesia.

Setelah diverifikasi, terdapat 10.040 paket daging kurban yang didistribusikan dalam wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. (ted)


artikel berita ini telah tayang di Berita Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *