12 Rekomendasi Lomba 17 Agustus Seru dan Menghibur, Nomor 5 Bikin Ngakak

12 Rekomendasi Lomba 17 Agustus Seru dan Menghibur, Nomor 5 Bikin Ngakak

Surabaya (TintaSantri.com) – Tak terasa Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 sudah semakin dekat. Segala persiapan dilakukan untuk menyambutnya, termasuk ide untuk kontes 17 Agustus. Sebagai warga negara Indonesia, momen memperingati hari kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan mengadakan lomba-lomba baik di sekolah, di tempat kerja maupun di rumah.

Kegiatan lomba 17 Agustus bisa menjadi acara favorit dan paling ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena sangat meriah dan menyatukan berbagai elemen dalam masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Berikut rekomendasi lomba 17 Agustus yang bisa kamu lakukan untuk memeriahkan momen spesial ini.

1. Balap Karung dengan Helm

Lomba ini tentunya cukup berbeda dengan lomba karung pada umumnya, dimana para peserta berdiri dengan membawa karung kemudian berlari. Dalam kompetisi ini, peserta akan masuk ke dalam karung dan diikat. Kemudian peserta harus memakai helm agar lebih sulit bergerak. Peserta harus berjalan di dalam karung dengan kepala menggunakan helm dari garis start sampai finish yang telah ditentukan.

2. Memindahkan Karet Menggunakan Sedotan

Peserta akan menggunakan sedotan untuk mengoper karet yang telah disediakan dalam wadah ke teman berikutnya. Cara memainkannya cukup mudah ditebak yaitu estafet. Kesulitan terbesar adalah bentuk sedotan yang pendek dan fleksibel sehingga cukup sulit untuk dikompromikan.

3. Jalankan Pusing

Peserta harus memutar berkali-kali hingga pusing dan kehilangan keseimbangan, lalu lari ke garis finish. Hal ini tentunya akan menyulitkan karena peserta akan merasa pusing dan sulit untuk bisa berlari kurus karena akan merasa berputar.

4. Jaga nyala lilin

Para peserta akan dibagi menjadi beberapa tim. Kemudian, masing-masing tim akan mendapatkan lilin yang menyala dan menjaganya agar tidak mati hingga mencapai garis finis.

Panitia akan berusaha mengganggu dan mematikan lilin yang sedang Anda jaga dengan menyiramnya dengan air atau cara lain. Tugas anggota kelompok adalah menjaga agar lilin tidak diganggu oleh panitia.

5. Futsal atau sepak bola menggunakan daster dan helm

Sepak bola daster adalah permainan yang dimainkan secara berkelompok. Untuk memeriahkan kompetisi ini, selain mengenakan daster, setiap pemain bisa mengenakan aksesoris lain seperti helm atau jilbab.

Game ini akan lebih seru dan membuat Anda tertawa jika dimainkan oleh para pria. Kompetisi ini mirip dengan sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang.

6. Makan Kerupuk Jumbo

Lomba makan kerupuk kali ini cukup berbeda dan sering dijadikan salah satu lomba 17 Agustus yang lucu dan seru. Cara memainkannya adalah dengan mengikatkan ujung tali kerupuk ke ujung jempol kaki peserta, sehingga kerupuk hanya akan turun jika kaki diangkat. Kompetisi ini sangat membutuhkan kesabaran dan keseimbangan dari para peserta.

7. Relai Opera Udara

Relay air ini merupakan permainan yang menekankan kerjasama tim/kelompok. Peserta dalam permainan ini diharuskan untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain atau dari ember berisi air ke botol plastik dengan jarak tertentu.

Air tersebut dipindahkan menggunakan gelas plastik yang telah dilubangi terlebih dahulu. Karena permainan ini dibatasi oleh waktu, maka akan terjadi ketegangan dari para peserta. Anda harus bersiap-siap untuk basah dengan balapan ini.

8. Relay Pemindah Tepung

Kompetisi ini membutuhkan tepung dan piring plastik sebagai medianya. Tepung estafet biasanya diadakan secara kolektif dengan masing-masing kelompok sekitar 5-7 orang. Peserta akan duduk berjajar berdampingan dengan kelompok lain.

Kemudian berlomba menuangkan tepung di piring dari atas kepala ke belakang dimulai dari peserta terdepan. Peserta yang duduk paling belakang bertugas mengumpulkan tepung terakhir yang diturunkan dari depan. Setiap kelompok harus cepat-cepat menyimpan tepung dengan sebanyak-banyaknya dalam waktu tertentu.

9. Tebak Kata

Siapkan headset berukuran besar yang terhubung dengan musik. Partisipan diminta untuk menebak kalimat atau lirik yang diucapkan tanpa mendengarnya (karena menggunakan headset). Kalimat atau kata-kata yang diucapkan oleh peserta yang tidak sesuai biasanya mengundang gelak tawa.

10. Lomba Panjat Pinang

Panjat pinang adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Cara permainannya adalah pohon sirih yang tinggi dan batangnya dilumuri dengan pelumas yang disiapkan oleh panitia lomba. Di puncak pohon, berbagai hadiah menarik disiapkan. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah dengan memanjat batang pohon yang biasanya berupa buah pinang.

11. Kontes untuk mendapatkan koin dalam semangka

Dalam lomba coin grab, koin biasanya ditempelkan pada semangka atau media buah lainnya kemudian diolesi petis. Kemudian peserta lomba diminta untuk mengumpulkan koin menggunakan mulut mereka dalam durasi waktu yang ditentukan.

12. Lomba memasukkan paku ke dalam botol

Untuk tata tertib lomba ini, dengan mengikatkan seutas tali di ujung paku kemudian diikatkan di pinggang, peserta diwajibkan untuk membelakangi botol. Peserta dikatakan berhasil jika peserta berhasil memasukkan paku ke dalam botol dalam waktu tercepat. Meski bisa dikatakan sederhana, namun pada kenyataannya tidak semudah kelihatannya.

Itulah berbagai lomba menarik untuk memeriahkan momen Kemerdekaan Indonesia ke-77 yang dijamin seru dan menarik. (malam/ian)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *