Sekda Jateng Buka event GMF, Latihan Menyambut Event Jateng Fair 2023

Sekda Jateng Buka event GMF, Latihan Menyambut Event Jateng Fair 2023

Sekda Jateng Sumarno saat menghadiri acara GMF (foto: istimewa)

SEMARANG || TintaSantri.com – Sekretaris Daerah Jawa Tengah (Sekda Jateng), Sumarno, Minggu (28/8/2022) membuka acara Grand Maerakaca Fair (GMF). Pada acara tersebut, Sekda didampingi Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti dan Direktur Utama PT PRPP (Perseroda) Titah Listyorini. GMF yang akan berlangsung selama 9 hari ini dibuka dengan menekan tombol sirine.

Sekda Sumarno mengatakan pelaksanaan GMF akan menjadi ajang pelatihan untuk menyongsong perhelatan yang lebih besar di tahun 2023, yaitu Central Java Fair. Central Java Fair sempat hiatus selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. “Ini baru permulaan hari ini. Ini sebenarnya Grand Maerakaca Fair ini latihan. Kita latihan, karena kita vakum dua tahun, kita menuju 2023, kita akan mengadakan kondisi normal seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu lebih besar,” katanya dalam sebuah wawancara.

Sekda menilai, pada hari pertama pembukaan, pengunjung cukup banyak. Tingkat kunjungan tersebut diharapkan menjadi indikasi daya tarik yang lebih besar ketika Central Java Fair akan digelar pada 1-17 September 2023.

“Saya lihat sudah banyak yang datang. Saya juga mengajak teman-teman untuk sosialisasi nanti bisa menggerakan masyarakat di kabupaten/kota. Bisa juga ASN di kabupaten/kota hadir di sini, sehingga gemanya malah lebih masif. Dan tentunya ke depan akan lebih ramai lagi di tahun 2023,” jelasnya.

Direktur Utama PRPP Titah Listyorini saat memberikan laporan mengatakan, total ada 124 tenant yang mengikuti acara GMF. Tenant meliputi 18 kabupaten/kota, 10 OPD Pemprov Jateng, perguruan tinggi, UMKM (fashion, kriya, kuliner) dan rumah sakit milik Pemprov Jateng.

Selain pameran, dalam acara tersebut juga digelar penanaman yang melibatkan 400 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mangrove ditanam di area barat Grand Maerakaca.

Titah menambahkan, konsep yang diusung dalam Grand Maerakaca Fair kali ini sama dengan konsep Central Java Fair yang merupakan perpaduan antara pameran, rekreasi dan hiburan. Masyarakat akan dihibur dengan penampilan artis-artis nasional, antara lain Abah Lala dan Guyon Waton.

Reporter : Arifin

Editor : indi

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *