Upacara Adat Sembayangan Pura Kerta Bhuana di Desa Bongso Kulon Menganti Kabupaten Gresik

Upacara Adat Sembayangan Pura Kerta Bhuana di Desa Bongso Kulon Menganti Kabupaten Gresik

Gresik || TintaSantri.com – Upacara tahunan di Pura Kerta Bhuana Jl. Acara Kampanye Bongso kulon RT03/RW 01, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Diselenggarakan setiap tahun yang jatuh pada Purnama Kedasa atau bulan kesepuluh menurut penanggalan Bali, Jumat 11/08/2022.

Upacara ini biasanya berlangsung selama 21 hari agar masyarakat memiliki waktu yang cukup untuk bisa menghadiri sholat

Ada upacara tahunan besar di Pura Kerta Bhuana, tempat suci terbesar bagi umat Hindu di Gresik. Tahun ini, upacara diadakan pada 12 Agustus 2022 upacara berlangsung selama 21 hari. Upacara dimulai pada hari Purnama sasih kedasa atau bulan kesepuluh dalam penanggalan Bali.

Untuk menyiasati kemacetan ini, ada warga yang kemudian menyiasatinya dengan berangkat pagi, siang, sore atau malam hari. Karena begitu banyak orang yang ingin berdoa pada waktu itu, hampir setiap waktu dalam 24 jam sehari seseorang berdoa.

Prosesi puncak upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang diadakan setahun sekali ini dipusatkan di Penataran Pura Kerta Bhuana. Dimulai dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan nedunang Ida Bhatara dari aula Samuan Agung.
Prosesi upacara Ida Bhatara Turun Kabeh ini dipimpin oleh sekitar 3 sulinggih yang tersebar di Jawa Timur, pura-pura yang ada di kompleks Pura Kerta Bhuana. Prosesi ritual Ida Bhatara Turun Kabeh ini juga diiringi dengan penampilan sejumlah tarian sakral.

Apa itu Ida Bhatara Turun Kever?
Ida Bhatara Turun Kabeh adalah upacara yang menggambarkan semua manifestasi Dewata Tuhan berkumpul di Balai Besar Pura Kerta Bhuana dan bersatu untuk memberikan hadiahnya kepada umatnya yang mempersembahkan pengabdian kepada Tuhan.

Pada saat upacara Ida Bhatara Turun Kabeh, semua simbol-simbol suci di kompleks Pura Kerta Bhuana dilakukan secara ritual dan ditempatkan di Balai Pesamuan.
Ini menggambarkan bahwa para Dewa bersatu untuk memberikan hadiah kepada manusia sesuai dengan tingkat karma dan pengabdiannya masing-masing.

Menurut beberapa sumber, pada umumnya pelaksanaan upacara Ida Bhatara Turun Kabeh bertujuan untuk memohon ketenangan dan keselamatan alam semesta (Kerta Bhuana) dan penghuninya (Kerta Bhuana).
Lokasi dan transportasi
Pura Kerta Bhuana terletak di Desa Bongso Kulon Menganti.

Abdul Muntholib selaku kepala desa setempat sangat senang dengan kegiatan yang diadakan oleh umat Hindu yang kebetulan diadakan di pura Kerta Bhuana, dengan adanya acara ini masyarakat sekitar dari agama islam juga ikut membantu acara ini.

Ibadah umat Hindu yang digelar di Pura Kerta Bhuana ini juga dihadiri langsung dari pihak keamanan dari Polsek dan Koramil.

Dan pertunjukan wayang kulit dimeriahkan dengan judul mempersatukan umat beragama.

Alhamdulillah acara yang diadakan umat Hindu di Pura Kerta Bhuana berjalan lancar tanpa kendala.

artikel berita ini telah tayang di bratapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *