Cara Ampuh Agar Gigitan Nyamuk Tidak Meninggalkan Bekas

Cara Ampuh Agar Gigitan Nyamuk Tidak Meninggalkan Bekas

Surabaya (TintaSantri.com) – Rasa gatal akibat gigitan nyamuk memang membuat kita marah, tapi bukan itu saja. Gigitan nyamuk juga bisa meninggalkan flek hitam, jika tidak ditangani dengan baik.

Ketika nyamuk menghisap darah, ia akan meninggalkan air liurnya di kulit kita. Kandungan air liur inilah yang memicu kulit terasa gatal dan memicu pembengkakan.

Untuk beberapa jenis kulit, gigitan nyamuk akan menimbulkan benjolan merah keras disertai rasa gatal, namun akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam.

Namun tidak untuk kulit sensitif, gigitan nyamuk bisa menyebabkan lecet kecil dan bintik hitam pada kulit. Hal ini tentu saja dapat mengganggu penampilan kulit, jika tidak segera ditangani.

Lalu, bagaimana cara mencegah bekas gigitan nyamuk agar tidak meninggalkan bekas?

Jangan menggaruk

Meski terlihat sepele, namun hal ini sangat penting. Jika Anda merasa gatal akibat gigitan nyamuk, jangan digaruk, cukup digosok saja.

Oleskan Vitamin C

Jika kulit Anda sensitif, oleskan vitamin C setelah terkena gigitan nyamuk. Hal ini berguna agar gigitan nyamuk tidak meninggalkan bekas hitam.

Oleskan vitamin E

Selain vitamin C, Anda juga bisa mengoleskan vitamin E pada area kulit yang digigit. Hal ini juga berguna agar gigitan nyamuk tidak meninggalkan flek hitam.

Niasinamida

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kandungan niacinamide. Ya, zat ini sering kita temukan pada bahan-bahan skincare yang kita gunakan, termasuk dalam body lotion. Menerapkannya pada daerah yang digigit akan mencegah gigitan nyamuk meninggalkan bintik-bintik hitam pada kulit.

Hindari gigitan nyamuk

Meski penanganan setelah gigitan nyamuk sangat penting, cara efektif agar tidak terkena flek hitam akibat gigitan nyamuk adalah dengan menghindari gigitannya.

Faktanya, nyamuk menentukan target mangsanya berdasarkan bau, panas tubuh, napas yang dihembuskan, dan senyawa dalam keringat. Untuk itu, penting agar tubuh Anda selalu bersih, termasuk lingkungan di daerah Anda.

Itulah beberapa tips agar gigitan nyamuk tidak meninggalkan flek hitam di area kulit Anda. (Yohanes)


artikel berita ini telah tayang di TintaSantri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *