khulashoh nurul yaqin, terjemah, kitab terjemah, terjemah kitab,

Terjemah Khulashoh Nurul Yaqin Juz 1 Lengkap, Kitab Siroh Nabawi

Ringkasan Periode Yang Kedua (Untuk Dihafal)

Ketika umur Nabi saw 40 tahun, Allah swt mengutus Beliau saw sebagai rahmat untuk seluruh alam. Wahyunya, bermula dari mimpi yang benar. Kemudian Malaikat Jibril turun kepada Beliau saw ketika Nabi saw sedang beribadah di gua Hira’. Ia mengajarkan Nabi saw bagaimana seharusnya menjadi pemimpin yang memimpin manusia ke jalan yang lurus.

Nabi memulai dengan ajakan secara sembunyi-sembunyi, orang pertama yang beriman kepada Beliau saw adalah Siti Khadijah, Abu Bakar ra, Ali bin Abi Thalib ra, dan Zaid bin Haritsah ra. Setelah tiga tahun Nabi saw diperintahkan untuk menyampaikan Islam dengan terang-terangan lalu Beliau saw mengumpulkan kaumnya untuk menyampaikan ancaman azab akhirat yang pedih ketika itulah turun ayat ‚Ancamlah keluargamu yang dekat‛ Nabi saw mengumpulkan kerabat dan keluarganya dan menyampaikan kepada mereka tentang kebenaran Islam, akan tetapi paman Beliau saw, Abu Lahab menolaknya dengan keras.

Orang Arab sebelum datangnya risalah yang dibawa Nabi saw mereka menyembah berhala, membunuh anak laki-laki, mengubur hidup-hidup anak perempuan mereka, mudah membunuh satu sama lain, dan sejenis kejahatan tersebut. Ketika Rasulullah saw mengajak mereka untuk menyembah Allah swt yang maha Tunggal dan mengajak mereka ke arah kebenaran dan meninggalkan kepercayaan mereka, marahlah kaum Musyrikin tersebut dengan sangat. Maka berbaliklah rasa cinta dan hormat kepada Nabi saw menjadi kemarahan dan kebencian yang membara.

Ketika Rasulullah saw memaki tuhan-tuhan mereka dan meyesatkan para leluhur mereka, pergilah mereka ke paman Nabi saw untuk mengadukan hal tersebut selama tiga kali, tanpa membuahkan hasil.

Sebenarnya setelah sekian lama kaum Quraisyi dating kepada paman Beliau saw, dimintalah beliau saw untuk menhentikan apa yang diucapkannya dulu. Hal tersebut tidak membuat Rasulullah saw kendor menyiarkan Islam, di sisi lain paman Beliau saw tetap melindungi kegiatan Nabi saw.

Ketika kaum Quraisyi melihat hal itu, mulailah mereka menyakiti secara fisik Nabi saw, mengejek, menghina, merendahkan, dikatakan gila, namun Beliau saw tetap sabar dan selalu memaafkan mereka. Lalu gangguan itu ditujukkan kepada para sahabat Nabi saw, tiap kabilah menyiksa siapa saja yang masuk Islam dengan siksaan yang tidak manusiawi. Nabi saw memerintahkan kaum Muslimin untuk berhijrah ke Habasyah.
Berhijrahlah 10 laki-laki dan 5 perempuan, mereka tinggal di sana selama 3 bulan, inilah hijrah pertama dalam Islam. Pada waktu yang sama juga paman Nabi saw Hamzah ra, dan Umar bin Khatab ra, masuk Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *